Char Siu - Babi Panggang Cina.

Char Siu – Babi Panggang Cina.

Rumah orang tua saya di Jakarta hanya tiga pintu dari restoran keluarga yang luar biasa yang menjual char siu – babi panggang glasir Cina dan siu yuk – babi panggang kulit renyah Cina. Setiap kali saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi orang tua saya, saya selalu memastikan untuk mampir dan membeli banyak!

Tapi saya hanya bisa terbang pulang berkali-kali, dan karenanya, harus menemukan resep yang dapat diandalkan untuk mereproduksi makanan favorit saya. Ini, sejauh ini, resep favorit saya untuk char siu. Saya akan menjadi yang pertama mengakui bahwa versi tetangga saya masih lebih baik, tetapi untuk versi buatan sendiri, ini adalah yang terbaik yang bisa saya kelola untuk saat ini. šŸ˜€

Bahan untuk marinade char siu: gula merah, madu, saus hoisin, kecap, bubuk lima rempah, minyak, dadih kacang yang diawetkan, anggur Shaoxing, dan air mawar.

Bahan untuk marinade char siu: gula merah, madu, saus hoisin, kecap, bubuk lima rempah, minyak, dadih kacang yang diawetkan, anggur Shaoxing, dan air mawar.

Bumbu Char Siu

Langkah pertama dalam membuat char siu adalah menyiapkan bumbunya, dan ini yang saya gunakan:

Jika Anda tidak dapat menemukan semua bahan yang terdaftar, saran saya adalah untuk menghilangkan air mawar dan dadih kacang yang diawetkan dan mencoba untuk menjaga yang lainnya tetap utuh.

Atur daging babi yang diasinkan di rak kawat di atas loyang yang dilapisi dengan aluminium foil.

Atur daging babi yang diasinkan di rak kawat di atas loyang yang dilapisi dengan aluminium foil.

Memilih potongan daging babi yang tepat untuk char siu

Potongan daging babi yang digunakan oleh sebagian besar restoran Cina untuk membuat char siu adalah leher bagian. Potongan leher tidak mudah ditemukan kecuali Anda membelinya dari pasar Asia/Cina, dan saya juga sering menggunakan potongan daging babi lainnya.

Saya telah mencoba ini dengan bahu babi, daging babi sirloindan daging babi tenderloin. Semua potongan menghasilkan hasil yang sangat dapat diterima, dan belum ada yang menunjukkan ada yang salah ketika saya menggunakan satu potongan daging babi di atas potongan lainnya.

Terlepas dari potongan yang Anda gunakan, pastikan untuk mengasinkan setidaknya selama 24 jam dan hingga 48 jam. Kalaupun tidak punya banyak waktu, silahkan marinasi minimal 8 jam.

Rebus rendaman dan madu menjadi saus kental.  Gunakan saus untuk mengolesi daging babi saat memanggang.

Rebus rendaman dan madu menjadi saus kental. Gunakan saus untuk mengolesi daging babi saat memanggang.

Cara memanggang char siu dalam oven

1. Panggang daging babi

Panaskan oven hingga 160 Celcius (320 Fahrenheit). Lapisi loyang dengan aluminium foil, dan letakkan rak kawat di atasnya. Atur daging babi di atas rak kawat dan panggang (panggang) selama 30 menit.

TIPS: Saya menemukan bahwa mengangkat daging babi dengan rak membantu mendapatkan warna yang lebih baik secara keseluruhan karena dagingnya tidak langsung rata di atas loyang. Rasa dan tekstur akhir cukup mirip apakah Anda menggunakan rak kawat atau tidak, jadi jangan terlalu khawatir jika Anda tidak dapat menyiapkan pengaturan yang tepat ini.

2. Siapkan saus olesan

Sementara itu, siapkan saus olesan. Tuang sisa rendaman ke dalam panci kecil bersama dengan dua sendok makan madu. Masak dengan api sedang hingga mendidih, lalu masak lagi hingga konsistensi sirup, sekitar 2-3 menit lagi. Hapus dari panas.

3. Lumuri daging babi

Keluarkan daging babi dari oven, olesi dengan saus olesi, balik ke sisi yang lain, dan olesi lagi. Panggang lagi selama 30 menit lagi.

Keluarkan daging babi dari oven untuk kedua kalinya, olesi dengan saus, balik, dan olesi. Kali ini panggang selama 20 menit, dan Anda mungkin ingin membuat tenda dengan foil jika mulai hangus terlalu cepat.

Terakhir, keluarkan daging babi dari oven, olesi permukaannya, dan kembalikan ke oven untuk dipanggang selama 10 menit terakhir. Itu harus dikaramelisasi dengan baik dan dilapisi dengan saus lengket.

Char siu baru saja keluar dari oven, dengan lapisan glasir tebal yang mengkilat pada daging babi.

Char siu baru saja keluar dari oven, dengan lapisan glasir tebal yang mengkilat pada daging babi.

Saran penyajian dan penyimpanan sisa makanan

Setelah Anda mengeluarkan daging babi panggang dari oven, diamkan selama 15 menit untuk mengendapkan sarinya. Kemudian, potong menjadi irisan tipis seukuran gigitan untuk disajikan.

Char siu cocok dengan nasi atau sebagai topping mie. Jika Anda memiliki sisa, Anda dapat menggunakannya sebagai isian roti dan membuat roti susu char siu yang lezat atau roti kukus char siu.

Jika Anda membuat terlalu banyak char siu, Anda dapat menyimpan sisa makanan di lemari es hingga 5 hari. Atau, Anda dapat membekukan char siu hingga 3 bulan!

Istirahatkan char siu selama 15 menit, lalu potong-potong seukuran gigitan untuk disajikan.

Istirahatkan char siu selama 15 menit, lalu potong-potong seukuran gigitan untuk disajikan.