Ongol-ongol singkong (kue singkong kukus khas Indonesia dengan parutan kelapa).

Ongol-ongol singkong (kue singkong kukus khas Indonesia dengan parutan kelapa).

Ongol-ongol adalah kue tradisional Indonesia. Memiliki tekstur yang sedikit kenyal, aroma harum yang manis, dan selalu kami sajikan dengan parutan kelapa.

Jika ini pertama kalinya Anda mencoba ongol-ongol, Anda mungkin menemukan bahwa teksturnya sangat berbeda dari kue panggang biasa yang menggunakan tepung, mentega, telur, dan gula.

Sebaliknya, jika Anda sudah familiar dengan kuih Malaysia atau kue kukus tradisional Indonesia lainnya, maka Anda tidak akan terkejut dengan teksturnya saat digigit. πŸ™‚

Jika Anda tinggal di dekat toko kelontong Asia, seharusnya mudah untuk menemukan semua bahan yang diperlukan untuk menyiapkan kue yang sederhana dan indah ini. Saya juga berpikir ini adalah pengantar yang bagus untuk kue/makanan ringan tradisional Indonesia. πŸ™‚

Bahan untuk ongol-ongol singkong (kue singkong kukus): singkong parut, kelapa parut, santan, bubuk agar, pandan, vanili, gula pasir, dan garam.

Bahan untuk ongol-ongol singkong (kue singkong kukus): singkong parut, kelapa parut, santan, bubuk agar, pandan, vanili, gula pasir, dan garam.

Bahan-bahan kue singkong kukus Indonesia

1. singkong parut

Saya biasanya mendapatkan sebungkus singkong parut beku. Satu pon (450 gram) paket adalah jumlah yang tepat untuk membuat kue ini.

Jika Anda mendapatkan singkong segar, Anda bisa mengupas dan memarut akarnya. Saya memilih untuk menggunakan singkong parut beku karena ini membuat resep lebih mudah untuk ditangani.

2. Santan kelapa

Silakan gunakan santan kalengan dan bukan santan kotak. Di AS, santan kotak lebih encer daripada santan kalengan, dan kekentalannya lebih dekat dengan susu segar.

3. Agar-agar bubuk

Anda akan membutuhkan sekantong 7 gram bubuk agar-agar untuk resep ini. Saya lebih suka mendapatkan sebotol kecil bubuk agar-agar yang bisa saya gunakan untuk berbagai resep.

4. Kelapa parut

Anda harus dapat menemukan paket kelapa parut beku di pasar Asia yang lengkap. Anda juga bisa membeli kelapa tua segar, memecahkannya, dan memarutnya.

Jika Anda tinggal di Indonesia atau negara-negara Asia lainnya, Anda dapat membeli kelapa matang segar dari pasar dan penjual membuka dan memarutnya untuk Anda. πŸ™‚

5. Pandan

Kami menggunakan daun pandan untuk memberikan aroma yang indah pada kelapa parut. Jika Anda tidak dapat menemukannya, tidak apa-apa untuk menghilangkan ini, dan kelapa parut Anda akan tetap memiliki aroma kelapa segar.

6. Gula, garam, dan vanili

(1) Aduk singkong parut, santan, gula, garam, agar-agar bubuk, dan vanili.  (2) Tuang adonan ke dalam loyang bundar berukuran 8 inci.  (3) Kukus selama 50 menit dan dinginkan sepenuhnya.  (4) Kukus kelapa parut, garam, dan daun pandan.

(1) Aduk singkong parut, santan, gula, garam, agar-agar bubuk, dan vanili. (2) Tuang adonan ke dalam loyang bundar berukuran 8 inci. (3) Kukus selama 50 menit dan dinginkan sepenuhnya. (4) Kukus kelapa parut, garam, dan daun pandan.

Siapkan dan kukus kue singkong

Siapkan pengukus yang cukup besar agar sesuai dengan panci bundar berukuran 8 inci. Isi panci kukusan dengan air secukupnya selama satu jam mengukus, dan mulailah merebus air sambil menyiapkan adonan kue dengan api sedang.

Aduk singkong parut, santan, vanili, bubuk agar-agar, gula pasir, dan garam dalam mangkuk hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang kue.

Setelah pengukus siap – airnya mendidih, dan uapnya banyak – masukkan panci ke dalam pengukus dan kukus kue selama 50-60 menit.

Keluarkan kue dari kukusan dan sisihkan hingga dingin dan mengeras. Anda dapat mendinginkan kue di lemari es agar lebih cepat dingin.

Keluarkan kue singkong dari loyang, potong-potong, dan sajikan dengan kelapa parut beraroma pandan.

Keluarkan kue singkong dari loyang, potong-potong, dan sajikan dengan kelapa parut beraroma pandan.

Siapkan dan kukus kelapa parut

Saya sangat menyarankan untuk mengukus kelapa parut pada hari Anda berencana menyajikan kue karena kelapa parut biasanya lebih cepat rusak daripada kue itu sendiri.

Campur kelapa parut dengan garam dalam mangkuk tahan uap, tutup dengan daun pandan yang diikat, dan kukus selama 15 menit.

Opsi 1: potong kecil-kecil setengah inci dan aduk dengan kelapa parut.

Opsi 1: potong kecil-kecil setengah inci dan aduk dengan kelapa parut.

Melayani kue

Ada dua cara untuk menyajikan kue ini:

Pilihan 1

Potong kue menjadi potongan-potongan kecil setengah inci, tempatkan dalam mangkuk, tambahkan kelapa parut, dan aduk untuk melapisi kue secara merata.

pilihan 2

Potong kue menjadi potongan 2 inci, atur di atas nampan / piring saji, dan taburi bagian atasnya dengan kelapa parut.

Opsi 1 lebih cocok untuk camilan sehari-hari atau pertemuan informal, dan opsi 2 lebih baik jika Anda menginginkan presentasi yang lebih indah. Kue singkong akan tetap lezat terlepas dari cara Anda menyajikannya.

Opsi 2: potong kecil-kecil berukuran 2 inci, susun di atas nampan saji, dan taburi bagian atasnya dengan kelapa parut.

Opsi 2: potong kecil-kecil berukuran 2 inci, susun di atas nampan saji, dan taburi bagian atasnya dengan kelapa parut.

Membuat kue singkong berlapis

Anda dapat mengubah kue ini menjadi kue tiga lapis, dengan warna yang berbeda untuk setiap lapisan, biasanya merah, hijau, dan kuning (polos). Kami menyebutnya sebagai kue lapis singkong (kue singkong berlapis).

Saya sarankan pergi dengan panci bundar 6 inci jika Anda ingin mengubahnya menjadi kue lapis. Lapisannya akan terlalu tipis dalam loyang bundar berukuran 8 inci.

Untuk membuat tampilan berlapis, bagi adonan menjadi tiga bagian. Tambahkan setetes pewarna makanan merah ke satu adonan, tambahkan setetes pewarna makanan hijau ke adonan lain, dan biarkan adonan ketiga polos.

Tuang adonan pertama ke dalam loyang kue dan kukus selama 15 menit untuk mendapatkan lapisan pertama. Tuang adonan kedua di atas lapisan pertama dan kukus lagi selama 15 menit. Terakhir, tuangkan bagian ketiga untuk membuat lapisan terakhir dan kukus selama 20 menit.