Bahan pembuatan mochi wijen : tepung ketan, tepung tapioka, gula pasir, wijen, air, dan minyak.

Bahan pembuatan mochi wijen : tepung ketan, tepung tapioka, gula pasir, wijen, air, dan minyak.

Jika Anda menyukai mochi dan ingin resep super cepat untuk mengekang keinginan Anda akan mochi, maka Anda perlu membuat ini secepatnya. Anda mungkin membutuhkan waktu kurang dari 15 menit dari awal hingga akhir, dan ini juga merupakan hal yang baik karena Anda mungkin ingin membuat batch lain, dan batch lain.

Ini adalah resep yang bagus untuk dipelajari, bukan hanya karena sangat mudah, tetapi juga karena ini cocok untuk semua orang jika Anda memiliki tamu yang datang. Vegan, bebas kacang, bebas gluten, dan bebas susu; semua orang akan dapat mencicipi suguhan Anda dan Anda akan menjadi pahlawan!

Memori Hari Sekolah

Ketika saya mengatakan mochi, maksud saya versi Cina, bukan versi Jepang. Siapapun yang tumbuh besar di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan mungkin sebagian besar negara Asia pasti akan memiliki kenangan yang sangat manis dengan camilan ini.

Saya ingat dengan sayang penjual mochi di atas sepeda dengan kotak timah di kursi penumpang, menjual mochi kepada anak-anak sekolah yang lapar. Ini pasti salah satu suguhan favorit saya di sekolah, dan dilihat dari kerumunan, banyak anak-anak lain juga.

Menjadi anak-anak itu menyenangkan, hal yang paling sulit untuk diputuskan adalah suguhan mana yang akan didapatkan untuk liburan sekolah. šŸ˜€

Biji wijen mochi.

Biji wijen mochi.

Microwave, kertas perkamen, dan pisau plastik

Resep mochi ini mudah karena microwave Anda akan melakukan segalanya untuk Anda. Jika Anda tidak memiliki microwave, Anda bisa menggunakan cara lama dan mengukus mochi Anda.

Tapi begitu Anda mencoba menggunakan microwave untuk membuat mochi, Anda sepertinya tidak ingin kembali mengukus lagi.

Bantuan kecil berikutnya adalah selembar kertas perkamen. Saya mengubah mochi matang saya di atasnya dan ini akan jauh lebih mudah ditangani karena tidak akan menempel pada talenan Anda!

Sama halnya dengan menggunakan pisau plastik untuk memotong mochi, hanya saja jauh lebih mudah, percayalah.

Pastikan untuk menunggu mochi agak dingin sampai hangat dan Anda dapat menanganinya dengan nyaman dengan tangan Anda. Kemudian, lanjutkan dengan melapisinya dengan campuran biji wijen dan gula.

Biji wijen mochi.

Biji wijen mochi.

Biji wijen + gula pasir

Secara teknis Anda bisa menggunakan semua biji wijen hitam, atau semua biji wijen biasa. Tetapi jika Anda memiliki kedua jenis yang ditebar di dapur Anda, sebaiknya gunakan keduanya karena menurut saya kontras warnanya sangat cantik.

Anda bisa membeli biji wijen yang sudah dipanggang, tetapi Anda juga bisa memanggangnya sendiri. Cukup letakkan jumlah yang dibutuhkan di atas penggorengan, dan panaskan dengan api sedang sampai bijinya mulai melompat sedikit.

Anda mungkin ingin mengaduknya sesering mungkin agar bijinya terpanggang secara merata. Setelah dipanggang, cukup gunakan food processor untuk menggilingnya menjadi bubuk, lalu campur dengan gula.

Biji wijen mochi.

Biji wijen mochi.

Alergi biji wijen?

Jika karena alasan apa pun Anda tidak bisa makan biji wijen, Anda bisa menggantinya dengan kacang tanah panggang. Ide lain adalah menggunakan tepung kedelai panggang (kinako), yang bisa Anda dapatkan dari pasar Asia yang menjual bahan-bahan Jepang.