Akhir-akhir ini, saya melihat begitu banyak orang di salah satu grup FB saya memamerkan roti yang tampak enak, dan mereka semua menggunakan resep roti yang sama. Walaupun sudah punya resep roti favorit, akhirnya saya coba resep roti ini, dan enak.

Saya sangat merekomendasikan resep adonan roti, dan Anda dapat menggunakannya dengan segala macam isian roti, dan bahkan yang polos pun menyenangkan. Selamat bersenang-senang!

Roti Kepang Matcha.

Roti Kepang Matcha.

Uleni Tangan vs. Mixer Listrik

Adonan roti ini agak mirip brioche, jadi meskipun Anda bisa menguleninya dengan tangan, lebih baik jika Anda membiarkan mixer listrik Anda melakukannya sendiri. Jika Anda menggunakan tangan, Anda akan cenderung menambahkan terlalu banyak tepung dan roti akan menjadi tidak selembut mungkin.

Kalau saya pakai mikser elektrik, saya mulai dengan 320 gram tepung terigu, dan paling banyak hanya perlu menambahkan 2 sendok makan tepung terigu.

Jika Anda harus menggunakan tangan Anda, salah satu trik yang saya pelajari adalah menguleni adonan sedikit menjadi massa kasar, berjalan selama 10 menit atau lebih, lalu lanjutkan menguleni. Jika Anda melakukannya, Anda cenderung untuk tidak menambahkan terlalu banyak tepung karena adonan memiliki waktu untuk mengembangkan gluten yang cukup.

Roti Kepang Matcha.

Roti Kepang Matcha.

roti dikepang

Ketika saya malas tetapi masih ingin terkesan, saya membuat roti kepang. Kelihatannya sangat rumit, setiap gigitan diisi dengan isian yang lezat, dan semua orang melihat saya seperti saya adalah seorang ahli roti. šŸ˜€

Tidak sulit untuk membuat roti kepang. Saya memiliki instruksi langkah demi langkah yang sangat rumit yang tertulis dalam resep, tetapi lihat saja foto saya sebagai panduan. Saya pikir foto-foto melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam menjelaskan langkahnya.

Roti Kepang Matcha.

Roti Kepang Matcha.

Peringatan: Mengisi Mungkin Menetes Selama Memanggang

Yang ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Sebesar apa pun isiannya, ia cenderung menggelembung dan menetes saat dipanggang.

Jadi jika Anda memiliki loyang tambahan, dan oven Anda memiliki 2 rak, siapkan satu rak di tengah dan letakkan roti di sana, dan siapkan rak lain di bagian bawah dan letakkan loyang tambahan yang dilapisi aluminium foil sebagai tindakan pencegahan jika isiannya menetes.

Percayalah, jika isian Anda menetes, loyang akan menangkap tetesan itu alih-alih oven Anda dan membuat kekacauan berasap. Dan aluminium foil berarti Anda bisa membuang kekacauan daripada mencoba membersihkannya dari loyang.

Roti Kepang Matcha.

Roti Kepang Matcha.