Salah satu kesenangan tumbuh besar di Indonesia adalah berbagai jajanan yang bisa didapatkan dari pasar basah mana pun. Saya biasa menemani Ibu saya berbelanja di pasar mingguannya setiap Minggu pagi, dan sebagai hadiah, dia akan selalu mampir ke warung jajanan untuk membeli jajanan di rumah.

Mungkin ada ratusan item untuk dipilih, dan ini chwee kueh (kue air) disajikan dengan topping lobak yang diawetkan kebetulan salah satu jajanan favorit kami, jadi kami sering makan ini ketika saya masih kecil. Dengan resep ini, sekarang saya bisa membuatnya kapan saja saya mau bahkan ketika saya tinggal di belahan dunia lain dari rumah. πŸ™‚

Bahan utama chwee kueh: lobak manis, lobak asin, tepung terigu, dan tepung beras.

Bahan utama chwee kueh: lobak manis, lobak asin, tepung terigu, dan tepung beras.

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat chwee kueh (kue air)

Camilan ini terdiri dari dua bagian, yaitu chwee kueh (kue air) itu sendiri, dan topping lobak yang diawetkan. Untuk membuat kue, Anda perlu:

Saat Anda mencampur adonan, Anda akan melihat bahwa adonannya sangat tipis dan berair, dan dari situlah nama kue itu berasal. Chwee kueh (ζ°΄η²Ώ) secara harfiah diterjemahkan menjadi kue air! Mereka hambar, dengan tekstur jiggly dan sedikit kenyal, tetapi rasanya luar biasa ketika dipasangkan dengan topping lobak yang diawetkan.

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat chwee kueh.

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat chwee kueh.

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat topping cai po (lobak yang diawetkan)?

Bagian selanjutnya dari persamaan chwee kueh adalah topping lobak yang diawetkan dengan lezat. Untuk ini, Anda akan membutuhkan:

Anda dapat membeli lobak yang diawetkan dari sebagian besar pasar Asia/Cina. Baik versi manis dan versi asin biasanya hanya duduk berdampingan. Pastikan untuk mencuci lobak yang diawetkan dengan banyak air sampai airnya jernih. Juga, ingatlah untuk mengeringkannya dengan sangat baik karena kita tidak ingin ada percikan saat menggorengnya.

Adonan chwee kueh dalam cangkir terpisah, siap dimasak.

Adonan chwee kueh dalam cangkir terpisah, siap dimasak.

Cara memasak chwee kueh, menggunakan steamer vs menggunakan microwave

Setelah Anda selesai menyiapkan adonan chwee kueh, Anda memiliki dua pilihan untuk memasak kue air:

1. Sebuah kapal uap

Sebagian besar rumah tangga Asia memiliki pengukus besar bertingkat di dapur mereka, jadi mengukus makanan sangat umum.

Secara tradisional, chwee kueh dikukus dalam cangkir kaleng individu, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan cangkir muffin ukuran standar. Steamer bertingkat dapat dengan mudah mengukus seluruh batch sekaligus.

2. Microwave

Saya menemukan bahwa di AS, sebagian besar rumah tangga tidak memiliki kapal uap, sebaliknya, hampir semua orang memiliki microwave.

Untungnya, Anda juga bisa memasak chwee kueh dalam microwave, pastikan untuk menggunakan loyang silikon atau wadah lain yang ramah microwave. Anda bisa menggunakan ramekin kaca/keramik.

Dan jika Anda tidak keberatan dengan bentuk non-lingkaran, silakan gunakan gelas kue persegi panjang dan potong saja menjadi beberapa bagian nanti dengan pisau. Coba saja memasak dengan penambahan 1 menit hingga kue matang. πŸ™‚

Chwee kueh (kue air), disajikan dengan topping lobak yang diawetkan.

Chwee kueh (kue air), disajikan dengan topping lobak yang diawetkan.

Cara memasak topping cai po (lobak yang diawetkan)

Mempersiapkan topping sangat mudah. Setelah Anda menyiapkan lobak yang diawetkan, yang tersisa adalah pekerjaan menggoreng sederhana. Dan inilah tips saya untuk membuat topping lobak yang diawetkan dengan lezat:

  • Karena lobak yang diawetkan dapat terbakar dengan api besar, pastikan untuk menggunakan api sedang saja. Diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk menggorengnya dengan benar untuk mengembangkan rasa sepenuhnya.
  • Jika saat pertengahan menggoreng, Anda melihat lobak menjadi kering, Anda bisa menambahkan 1-2 sendok makan minyak.

Selain itu, saya hanya menggunakan 1 sendok makan kecap asin karena menurut saya jumlah ini sudah cukup. Beberapa penjual makanan ringan yang sering saya kunjungi di masa lalu bisa pelit dengan lobak, sebaliknya, mereka menambah jumlah kecap hitam untuk mengimbanginya. Jika Anda belum pernah mencicipi chwee kueh dari vendor yang lebih jujur, Anda akan terkejut dengan banyaknya lobak dalam resep ini. Menikmati!

Chwee kueh (kue air), disajikan dengan topping lobak yang diawetkan.

Chwee kueh (kue air), disajikan dengan topping lobak yang diawetkan.